Rabu, 08 Mei 2013

RENUNGAN PEMUDA ROHANI KRISTEN



C E R I T A   R E K L E K T I F


Ada seorang anak laki-laki miskin yang kelaparan dan tidak mempunyai uang. Dia nekat mengetuk sebuah rumah untuk meminta makanan. Namun keberaniannya lenyap saat pintu di buka oleh seorang gadis muda. Dia malu untuk meminta makanan dan hanya meminta segelas air saja.
Tetapi sang gadis tahu, anak itu pasti lapar maka ia membuat segelas susu dalam cangkir yang besar lalu membawakan kepadanya. “Berapa harga segelas susu yang banyak ini?” Tanya anak laki-laki tersebut
“Orang tuaku mengejarkan kepadaku untuk tidak meminta imbalan atas perbuatan baik yang kita lakukan!” kata gadis muda tersebut.
“Aku berterima kasih dari lubuk hatiku yang paling dalam, kata anak tersebut setelah mengeggak habis susu dalam cangkir tersebut.
Belasan tahun berlalu, gadis itu tumbuh menjadi wanita dewasa, tetapi dia didiagnosa menderita penyakit tumor ganas. Dokter di desanya angkat tangan, gadis malang itu dibawah kekota besar dimana terdapat dokter spesialis penyakitnya.
Dokter tersebut bernama Howar kelly. Saat dipanggil untuk memeriksa pasien tersebut ia mendengar nama desa asal wanita itu. Terbesit pancaran aneh di mata dokter Kelly. Bergegas ia turun dari ruangannya menuju kamar pasien itu dan langsung mengenali wajah wanita tersebut.
Setelah melalui perjuangan dalam operasi yang sangat panjang beberapa hari kemudian wanita itu diperbolehkan pulang. Wanita tersebut sangat kaget ketika menerima amplop tagihan rumah sakit. Wajahnaya pucat ketakutan karena tak mampu bayar meskipun dicicil seumur hidup. Dengan gemetar ia membaca rincian demi rincian dana, setelah semua di baca ia menemukan sebuah tulisan tangan dengan catatan “TELAH DIBAYAR LUNAS DENGAN SEGELAS SUSU” Tertanda Howard Kelly. Dokter Howard Kelly adalah anak yang kelaparan yang pernah ditolong oleh wanita itu.

Begitu pula dengan kita jangan ragu untuk berbuat baik dan jangan mengharap balasan, pada akhirnya buah perbuatan baik akan selalu mengikuti kita. Jika kita berbuat baik, maka kebaikan pula yang akan kita terima!
Bacaan: Luk 16:10-15)
Ayat 16 “ Barang siapa setia dlm perkara2 kecil ia setia jg dlm perkara2 besar”
Firman Tuhan mengajarkan kita:
Per-1: Cara mendapatkan yang lebih banyak pada masa yang akan datang sebagai anak muda adalah Setia dengan yang kita miliki saat ini. Allah tidak pernah meminta kita untuk memberikan kepada orang lain hal yang tidak kita miliki/puya. Namun jika kita menyerahkan hal yang sungguh-sungguh kita miliki cthnya: PERSEPULUHAN sebagaimana yang Ia perintakan untuk misi menolong orang miskin Allah akan meninggikan kita.
Ke-2: Allah ingin kita mencari Dia terlebih dahulu, bukan kekayaan dan kemakmuran, dan ketika kita melakukan hal itu kita akan menjadi calon pemilik kemakmuran. Seperti Zakharia yang mengajar takut akan Allah. Dan selama ia mencari Tuhan segala usahanya berhasil (II Taw 26:5)
Ke-3: Allah akan memberikan pertolongan natural dan supranatural kepada kita untuk menjadi kaya jika kita “Mengingat” dia. Itu berati kita harus menjaga hubungan yang baik dengan Allah.
(Ams: 11:24-25) Berbunyi: Ada yang menyebar harta tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat di beri kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum...... Tuhan memberkati kita semua!.!

Salam Senyum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar